Cara Lindungi Akun Digital Dibobol Hacker
















Ada perang yang terjadi setiap hari di dunia maya. Perang antara perusahaan yang berusaha melayani pelanggan, dengan para hacker yang berusaha mengambil data-data mereka. Data-data ini bisa dipakai untuk berbagai macam tujuan. Bisa untuk penipuan hingga dijual ke perusahaan lainnya.
Akun digital menjadi sasaran paling banyak yang diincar hacker. Para hacker ini kerap membajak akun untuk berbagai transaksi.
Hal ini tidak hanya berlaku untuk media sosial, tetapi juga layanan streaming seperti Spotify, YouTube, atau Netflix. Kasus kebobolan akun bukanlah fenomena baru di ranah digital. Banyaknya akun dari satu pengguna meningkatkan risiko kebobolan.
Dari situ, mereka cukup menebak kata kunci yang sering dipakai satu pengguna. Begitu berhasil, mereka akan menggunakan akun tersebut untuk berbagai transaksi.
 
Selain dijual, hacker juga bisa mengakses informasi sensitif lainnya yang sudah tersimpan di satu akun. Salah satunya yang cukup vital adalah informasi kartu kredit, yang umumnya terpasang pada layanan streaming.
 
Kasus akun Disney+ yang kebobolan ini menjadi pelajaran untuk pengguna dan pihak penyedia, mengenai pentingnya mengamankan akun dari aspek paling dasar.
 

Hal ini menjadi pelajaran untuk pengguna dan pihak penyedia,mengenai pentingnya menggamankan akun dari dari aspek paling dasar.
 
Terlepas dari bagus atau jeleknya sistem keamanan yang dipakai satu layanan digital, pengguna bisa menerapkan beberapa cara untuk mengamankan akun mereka sendiri.
Berikut beberapa Tips dari Mimin Seputar Teknologi :

1. Jangan Gunakan Password Yang Sederhana








Kesalahan utama orang banyak adalah menggunakan password yang terlalu umum atau mudah ditebak. Entah '12345678' atau '00000000' atau juga 'password'. Mungkin kalau kamu hanya menggunakannya untuk login ke akun-akun yang tidak terlalu penting maka tidak masalah.
Namun hindari penggunaan password yang terlalu mudah ditebak, entah yang berisi nama ataupun ulang tahun. Password yang baik tidak selalu harus yang panjang, bisa yang sederhana saja tapi terdiri dari beberapa kombinasi. Kombinasikan huruf dan angka serta simbol agar mempersulit hacker.

2. Jangan Gunakan Password Yang Sama

















Password ini mengacu pada penggunaan sandi yang berbeda untuk setiap layanan. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan password yang sama untuk lebih dari dua layanan.
 
Ini penting karena begitu satu akun berhasil dibobol, hacker punya kesempatan lebih besar untuk mengakses akun Anda pada layanan lain. Misalnya, Anda punya media sosial Facebook dan Twitter, hendaknya menggunakan password yang berbeda sama sekali, begitu juga dengan akun LinkedIn.

3. Password Unik
















Salah satu cara untuk mencegah pembobolan akun adalah dengan menggunakan berbagai macam karakter dalam satu kata sandi. Para penyedia layanan, termasuk layanan game seperti Steam, menyarankan untuk menggunakan huruf besar, angka, sampai simbol dalam sebuah password.
 
Saat membuat akun baru, biasanya sebuah layanan menampilkan indikator lemah kuatnya satu password. Manfaatkan indikator ini, dan sebisa mungkin Anda tetap mudah mengingatnya.

4. Ganti Berkala

















Mengganti password secara berkala memang cukup merepotkan. Namun, hal ini perlu dilakukan demi mencegah orang lain mengakses akun tanpa izin.

5. Gunakan Autentikasi Multi-faktor


Beberapa layanan sudah menyediakan fitur keamanan yang memanfaatkan lebih dari satu perangkat.
 
Misalnya ketika Anda minta akses ke dalam email, pihak penyedia meminta verifikasi tambahan dengan mengirimkan SMS berisi kode OTP. Kode ini punya durasi sangat singkat. Ada baiknya juga untuk memanfaatkan sistem perlindungan ini.


6. Atur Software Update di PC dan Snartphonemu Secara Otomatis

















Kegunaan untuk memasang pc dan smartphonemu agar meng-updates softwarenya secara otomatis ialah karena di dalam updates yang diberikan oleh pengembang seringkali berisi hal-hal penting yang baru saja ditemukan oleh pengembang.
Seperti misalnya celah-celah dalam sistem yang baru ditemukan, semuanya dibetulkan lewat updates tersebut. Kalau kamu tidak rajin meng-updates softwaremu, maka hacker bisa dengan mudah masuk lewat celah-celah yang ada itu.
Demikian yang dapat mimin share semoga bermanfaat.Jangan lupa selalu dukung admin agar selalu update setiap hari dan share artikel ini di media sosial kalian.ENJOOOOOOY!!!

0 Comments:

Post a Comment